MERAUKE,- Saat ini Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) tidak hanya menjadi tumpuan harapan para pecinta anggrek semata. Tetapi seiring dengan perkembangan pembangunan nasional, PAI telah menunjang program pemerintah dalam melindungi varietas tanaman anggrek, meningkatkan taraf hidup masyarakat serta mengentaskan kemiskinan. Untuk itu perlu adanya suatu organisasi seperti PAI ini di seluruh kabupaten kota se-Provinsi Papua. Pasalnya, PAI akan menjadi tempat bernaung para pecinta anggrek untuk dapat lebih kreatif dalam melestarikan dan mengumpulkan jenis-jenis anggrek spesies yang sudah ada maupun yang belum pernah ditemukan.

Hal tersebut dikemukakan Ketua DPD PAI Provinsi Papua, Yolanda Klemen Tinal dalam sambutannya pada pelantikan pengurus DPC PAI Kabupaten Merauke, Mappi dan Boven Digoel periode 2015-2020 di Swiss-belHotel belum lama ini.Lebih lanjut diungkapkan, kelestarian anggrek spesies alam di tanah Papua diharapkan tetap terjaga dan dilestarikan sampai kepada anak cucu di kemudian hari. Karena begitu dikenalnya Provinsi Papua dari provinsi lainnya dengan keunikan dan kecantikan anggreknya maka sebagai Ketua DPD PAI Provinsi Papua, ia berpesan kepada pengurus yang baru dilantik untuk selalu bangga dan berpartisipasi dalam menjaga serta melestarikan anggrek Papua yang sudah dikenal ini. Ditambahkan, Provinsi Papua memiliki wilayah yang paling luas di mana sebagian besar terdiri dari hutan yang indah dan menyimpan berbagai jenis anggrek.

Kebesaran Tuhan telah memberi kepada negara dan bangsa Indonesia berbagai keindahan dan keunggulan, keindahan alam yang penuh panorama dan kekayaan flora dan fauna. Tanah Papua dikenal dengan taman anggreknya di mana sebagian besar spesies yang ada di dunia, 40% berada di Indonesia dan 60% di tanah Papua. Anggrek dari Kabupaten Merauke, Mappi dan Boven Digoel mempunyai satu keunikan dan kembangnya yang harum. Ia juga berpesan kepada pengurus yang baru dilantik agar dapat bekerja sama dan wajib melestarikan tanaman anggrek asli Papua. Varietas tanaman anggrek Papua perlu mendapatkan perlindungan hukum dan didaftarkan pada Kantor Perlindungan Varietas Tanaman (PVT). Sekali lagi ia mengingatkan agar pengurus PAI yang sudah dilantik dapat melestarikan tanaman anggrek spesies asli Papua agar jangan sampai punah. (Istya Sari Utami)

Sumber tulisan: https://www.pasificpos.com/item/4694-organisasi-pai-dinilai-menunjang-program-pemerintah