Pameran Anggrek Kalimantan Barat (Borneo Orchid Show) yang berlokasi di Jalan Daya Nasional yang dibuka langsung oleh Ny. Frederika Cornelis S.Pd pada tanggal 2 Oktober lalu, berlangsung sampai tanggal 9 Oktober 2011. Pameran anggrek ini diikuti oleh kabupaten Sintang, Sanggau, Melawi, Singkawang, Kabupaten Kubu Raya, Kayong Utara dan Kota Pontianak.

Kabupaten Sanggau merupakan satu di antara kabupaten yang ikut serta di pameran ini. Riki Novita, S.Hut perwakilan dari Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Sanggau mengatakan, pameran ini bertujuan mengenalkan kepada masyarakat tentang anggrek sebagai potensi alam Kalimantan Barat yang mempunyai potensi ekonomi yang sangat cerah untuk ke depannya. Selain anggrek, yang juga ditampilkan di Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) dari Kabupaten Sanggau ini adalah kemuning, menjangan, dan ekor tikus yang merupakan tanaman khas Kabupaten Sanggau.

Riki Novita S.Hut mengatakan bahwa pameran ini target pengunjungnya adalah semua masyarakat karena untuk mengenalkan secara luas anggrek Kalimantan Barat. Ia mengatakan bahwa antusias pengunjung cukup bagus karena dari hari pertama dibukanya Pameran Anggrek Kalimantan Barat (Borneo Orchid Show) ini sampai tanggal 6 Oktober 2011 tetap ada yang mengunjungi Borneo Orchid Show ini. Ia berharap dengan adanya pameran ini, keanekaragaman tanaman yang dipamerkan bisa lebih banyak untuk tahun depan.

Sumber tulisan: http://www.volarefm.com/pameran-anggrek-kalimantan-barat/