MERAUKE,- Rini Dewarusi Nebore Gebze, S.Sos resmi ‘menahkodai’ Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Merauke periode Tahun 2015-2020. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua DPD PAI Provinsi Papua Yolanda Tinal, SE di Swis-bell Hotel Merauke, Senin (24/7).

Ketua DPD PAI Provinsi Papua, Yolanda Tinal, SE, dalam sambutannya mengatakan tanaman anggrek mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi dan merupakan satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena itu, perlunya upaya pelestarian dan budidaya tanaman anggrek. Apalagi Tanah Papua merupakan penghasil species anggrek alam terbanyak di Indonesia.  “Anggrek species yang ada di Tanah Papua kurang lebih 2.600 spicies dari 5.000 species yang ada di Indonesia. Mari kita jaga dan lestarikan anggrek species yang ada di Tanah Papua,”tandasnya.

Selain itu, tanaman anggrek  juga perlu mendapat perhatian yang serius dari semua pihak untuk menjaga dan membudidayakan  tanaman anggrek spicies yang ada di Kabupaten Merauke secara khusus dan di Tanah Papua secara umum.  “Saya ingatkan kepada pengurus DPC PAI Kabupaten Merauke yang baru dilantik  untuk dapat meningkatkan kerjasama antar sesama pengurus, sehingga dapat menjaga keberadaan anggrek species yang ada di Merauke,” katanya. Ketua DPC PAI Kabupaten Merauke, Rini Dewarusi Nebore Gebze, S.Sos mengatakan Provinsi Papua khususnya Kabupaten Merauke memiliki potensi yang besar dalam produksi anggrek yang tumbuh, berkembang  dan berbunga  baik secara alami di hutan maupun secara budidaya oleh petani anggrek.

Sekarang tanaman anggrek sudah banyak dikenal masyarakat bahkan sampai keluar negeri. Anggrek Merauke juga sudah beberapa kali mengikuti lomba diberbagai daerah. Kendati demikian, selama ini belum ada wadah yang mempersatukan para petani anggrek di Kabupaten Merauke.  “Dengan dilantiknya pengurus PAI, kedepan  dapat menjadi wadah yang dapat menghimpun  seluruh petani dan pecinta anggrek di Merauke agar dapat lebih memperkenalkan, mengembangkan dan melestarikan anggrek Merauke,”ujarnya. Sementara itu, pengurusan DPC PAI Kabupaten Merauke sudah pernah dilantik dan yang dilantik kali ini merupakan pengurus yang baru direvisi. (Melani Razak)

Sumber berita: https://www.pasificpos.com/item/18258-rini-gebze-nahkodai-pai-merauke